Natural attractions that you must visit throughout Indonesia

Danau Hijau yang Elok di Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Danau Hijau yang Elok di Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya
Pada tahun 1982 Indonesia mengalami  bencana alam hebat berupa gunung meletus yang berlangsung cukup lama sehingga  memaksa ratusan warga yang tinggal di sekitarnya untuk mengungsi selama hampir satu tahun.



Saking hebatnya letusan yang terjadi, sampai-sampai sebuah kaldera terbentuk di puncak gunung tersebut dan seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan terisi oleh air yang berasal dari tanah dan guyuran hujan sehingga terciptalah sebuah danau di dasar kawah.
Untuk menuju tepi kawah dari tempat parkir terdekat dibutuhkan tenaga ekstra – bersiaplah menaiki 620 buah anak tangga!


Jangan khawatir, rasa letih Anda bakal lenyap seketika saat bisa melihat panorama menakjubkan Kota Tasikmalaya dari kejauhan, dikelilingi oleh tanaman hijau sejauh mata memandang. Begitu tiba di puncak pemandangan yang disuguhkan akan jauh lebih memesona. Perpaduan antara danau berwarna hijau dan abu vulkanis kecoklatan di sekitarnya, serta aneka tanaman hijau yang menutupi permukaan lerengnya membuat perjalanan ini tak sia-sia.


Setelah beristirahat sejenak dan memulihkan tenaga dengan semangkuk mi instan dan secangkir kopi di warung-warung kecil yang ada di sini, Anda dapat lanjut menyusuri hutan untuk mencapai lokasi yang lebih dekat dengan danau tersebut. Atau bisa juga bersembahyang di sebuah masjid kecil yang terdapat di salah satu sudut kawah tersebut.

Gunung Galunggung, Tasikmalaya
Lokasi: Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya 46464
Cara ke Sana: Dari Bandung teruskan perjalanan menuju Kota Tasikmalaya. Sekitar 2 kilometer sebelum terminal Indihiang, belok kiri. Ikuti jalan dan papan petunjuk untuk mencapai tujuan. Koordinat
Jam Operasional: 06.00 – 18.00
Tiket Masuk: Rp6.500,- (area wisata gunung Galunggung) plus Rp2.000,- (menuju kawah).

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Danau Hijau yang Elok di Kawah Gunung Galunggung, Tasikmalaya"

Popular Posts

Back To Top