Natural attractions that you must visit throughout Indonesia

Berkelok-kelok Menuju Hamparan Permadani Hijau: Pangalengan, Bandung

Berkelok-kelok Menuju Hamparan Permadani Hijau: Pangalengan, Bandung
Selain Ciwidey yang terkenal dengan Situ Patengan dan Kawah Putihnya, di bagian selatan Bandung sebetulnya masih ada destinasi lain yang tak kalah sejuk dan cantik, yaitu Pangalengan.


Kalau Anda sudah pernah ke Situ Patengan, maka di kawasan Pangalengan yang berjarak 45 kilometer di selatan Bandung  juga terdapat danau yang berukuran lebih besar, yaitu Situ Cileunca.


Di sini Anda bisa mengitari danau dengan perahu, namun kalau ingin mencoba yang lain, ada juga Jembatan Cinta.
 Bukan cuma itu saja, di Pangalengan Anda juga bisa berkunjung ke perkebunan teh Malabar untuk mempelajari proses produksi teh dari mulai penanaman hingga ke pengemasan, lalu lanjut berziarah ke makam tuan tanah nan dermawan yang mendedikasikan hidupnya untuk Bandung, yaitu Karel Albert Rudolf Bosscha.


Perkebunan teh yang berbukit-bukit sejauh mata memandang tampak seperti hamparan permadani hijau. Rasanya sayang kalau pemandangan indah ini tidak diabadikan lewat kamera.


Perjalanan menuju ke tempat ini pun tak kalah memukau. Jalanan aspal yang mulus dan berkelok-kelok tentunya memberikan kenikmatan tersendiri saat berkendara.
Pangalengan, Bandung
Cara ke Sana: Dari Bandung, mengarah ke selatan menuju Banjaran lalu berlanjut ke Jalan Raya Pangalengan. Beberapa lokasi menarik yang bisa Anda kunjungi kami tandai
4. Menyaksikan Ratusan Kelelawar Beraksi Menyambut Malam: Pantai Puncak Guha, Garut
Kalau mendengar kata ‘pantai’, mungkin yang ada di benak Anda adalah ombak biru yang bergulung menghempas ke pasir putih diiringi lambaian pohon kelapa di sekitarnya.


Namun tidak demikian adanya di Pantai Puncak Guha.
Berjarak 10 menit dari Pantai Rancabuaya, di pesisir selatan provinsi Jawa Barat, Puncak Guha merupakan tempat yang wajib dikunjungi oleh para pecinta pantai.  Semenanjung kecil berupa tebing yang berbatasan langsung dengan lautan ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di kawasan ini untuk melihat sunset.



Alasan lain Anda wajib singgah di Pantai Puncak Guha adalah pertunjukan ratusan kelelawar yang beterbangan keluar dari gua di bawah tebing saat matahari mulai tenggelam. Bahkan dalam novel laris Perahu Kertas, Dewi ‘Dee’ Lestari pun sempat menggambarkannya pemandangan tak terlupakan ini: “…terpana melihat ratusan kelelawar yang tiba-tiba mengepak bersamaan dari bawah tebing, membentuk segomplok awan hitam yang sejenak memenuhi langit”.


Kunjungilah tempat ini beberapa jam sebelum matahari terbenam dan nikmati panorama indah perbukitan hijau yang membingkai laut lepas.

Pantai Puncak Guha

Lokasi: Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut
Cara ke Sana: Dari Bandung, mengarah ke selatan melewati Pangalengan menuju Pantai Rancabuaya. Dari Pantai Rancabuaya belok ke arah kiri selama beberapa menit dan lokasi ini berada di sisi kanan.  Koordinat

Tiket Masuk: Rp5.000,- (motor) | Rp10.000,- (mobil)

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Berkelok-kelok Menuju Hamparan Permadani Hijau: Pangalengan, Bandung"

Popular Posts

Back To Top